Rabu, 26 Februari 2014

Sesosok Wajah, Sekilas Memori Reuni MTsN Padang Panjang

Pengen repost ulang tulisan ini, soalnya rasa penasaranku belum terjawab sama sekali. Aku bisa saja membenarkan keyakinanku tentang orang ini, tapi sebelum ada info yang jelas aku belum bisa puas.Tulisan ini kuposting pertama kali di facebook 31 juli 2013. Aku masih menunggu balasan dari ust. Deri di fanpage-nya... # duuuh kenapa jadi penasaran kayak gini yak??



Pantengin tv ba'da subuh. Ada acara yang membuatku tak berkedip sekaligus membawaku flashback kepada peristiwa 4 tahun silam. Saat aku, kami mengadakan reuni MTsN Padang Panjang. Reuni yang cukup akbar, katanya. Kehadiran beragam generasi, meskipun dalam kenyataannya tak banyak yang datang. Aku yang pada saat itu menyempatkan diri hadir dibuat terpana oleh sesosok kakak kelas yang berpakaian BEDA. Ia datang dari Bali, mantan anak metal, sekarang jadi ustadz, dan kebetulan pada saat itu ia sedang melakukan perjalanan dakwah ke padang panjang. Seingatku cukup banyak yang dia share pada kami yang hadir, tapi semua samar diingatanku kecuali wajah dan gaya pakaiannya yang Beda itu. 
Pagi ini aku melihatnya lagi, aku yakin itu dia. Kehidupannya cukup menginspirasi terutama bagi muslim minoritas. 
Ada satu kalimat yang kukutip dari si kakak kelas, " i'm not perfect, but my religion is perfect
(Deri sulaiman, Cahaya timur) 

Tertawa

Hehe... Belakangan aku keranjingan ng-record puisi lho... (Bukan pamer ^.^) Senang aja. Bisa dengar suara sendiri. Puisi terakhir yang kurekam itu judulnya "tertawa"
Nah, jadi gini. Supaya puisi itu lebih Gregetan dikit, aku bekerja sama dengan anak-anak untuk  menambahkan gelak tawa ketika puisi kubaca dengan intonasi yang lumayanlah. menurutku.. ^.^ Hmm.. Tapi  puisinya bukan puisi karanganku, dibaca ya.. oke deh pokoknya.


           Bolehkah aku tertawa?
           Sebab melihat kehidupan telah menjadi benar-benar drama
           meskipun dari dulu memang drama

          Mengapa aku tidak kau perbolehkan tertawa?
          Padahal melihat wajahmu pun aku menahan tawa hingga perutku kaku
         Belum lagi melihat pekerjaanmu

         Di mana seharusnya aku tidak tertawa/
         Ketika kini di gedung, rumah, rumah, jalan, bahkan tong sampah 
         Dapat dilihat banyak lawak-lawak menggelitik

         Saat dia jatuh kutertawa, saat aku jatuh mereka tertawa
         Saat mereka jatuh dia tertawa, saar mereka menangis aku tertawa
         Saat dia telah mati mereka tertawa, saat aku terjatuh mereka tertawa

         Sebenarnya aku ingin merubah nama dunia menjadi tertawa
         Tapi aku takut nanti kau, dia, dan mereka akan tertawa


        -Muhammad Ali Mahmudi, Sorowajan 18/02/2010-

Secuplik Cemburu


  Cemburuku hanya dapat meringkuk diam

   Pada sebatas monitor yang  kubiar menyala

  "Ada apa? Mengapa?"

  Dan jemari pun mulai menoreh tanya...

Perempuan Gagah


Hari ini kembali kupulangkan rinduku

Pada perempuan gagah itu.....


Ia memang gagah,

Bahkan sesenja ini, ia semakin terlihat gagah...




^.^ uhibbuki fillah, Ummi..^.^

IBUK


         Setelah membaca buku Mas Iwan Setiawan yang judulnya "9 Summer 10 Autumn" Saya jadi ketagihan tuk memburu novel beliau selanjutnya. Nah Bulan lalu, saya nemu buku Ke-tiga yang berjudul "IBUK" Serius! Keren! Nuansa latar dan gaya penceritaannya cukup berbeda dengan novel pertama. Tapi, hebat! Beliau mampu menyajikan setiap sisi cerita dengan sangat baik. Lebih terinci dan Sangat menyentuh. Aku suka.


              Bagi yang belum baca, silakan beli bukunya, atau pinjam juga boleh ^.^ nih, aku kutipin satu puisi dalam buku ini, puisi yang ditulis "Bayek" di bandara, saat ia akan pulang kampung menjenguk "Bapak" yang tengah terbaring, sakit.

                                           Sajak Musim Gugur

                                        Malam-malam berguguran...
                                           Kenangan berguguran...
                                      Hanya sajak ini yang tumbuh

                       Kau selalu berdiri, ketika matahari mengoyak langit
                                Ketika panas, mengoyak-ngoyak hidup!

                                       Kau pernah ajak aku berjalan
                                Melalui pagi dan senja, berbasah hujan
                              Melalui kali, luka, dan suka mengalir di sana
                                                     Tanpa jeda

                                       Bertahan! Kau harus bertahan
                                Jangan gugur sebelum musim dingin tiba
                                            Ini kuberikan napasku!

Sebuah Doa

Ya Tuhaan… 
Bantu aku meyakinkan perasaan ini. Aku sangat takut , jika sekali lagi pertahananku ambruk, dibuai perasaan cinta semu yang dikuasai nafsu. 
Ya Allah… pertemukanlah aku dengannya… aku ingin memastikan hatiku dengan cara yang lebih nyata. Aku ingin berbincang langsung dengannya. Melihat kejernihan matanya saat memandang. Melihat geriknya. Melihat caranya bertutur. Aku ingin melihat dirinya lebih dalam lagi.
 Robbi.. tolong aku.... Jika dia memang jodohku, maka temukanlah kami di titik yang bernama subussalam…jalan keselamatan. Namun jika tidak, alangkah indahnya jika Engkau berkenan untuk membantuku melenyapkan segala rasa yang mulai menumbuhkan taman cinta di hati ini, agar rasa itu hilang bersama keikhlasan hati menerima segala ketentuan takdir yang telah kau peruntukkan padaku.

Minang_Subulussalam_ Rencong

Sabtu, 22 Februari 2014

Surat Penting Yang Tersesat

Enam hari berlalu semenjak surat beramplop putih pastel itu kuhantarkan ke kantor pos. Namun, sampai detik ini belum ada tanda-tanda kedatangannya di tempat tujuan. Hatiku kian dag dig dug tak menentu. Di manakah suratku sekarang? Akankah ia tersesat?

Entahlah! ga sudi aja rasanya jika surat itu nyasar ke alamat yang salah. Atau parahnya malah dibiarin aja nyangkut di kantor pos gegara ga ketemu alamat pasnya. (lebay : mode on)

Sekejap, aku jadi teringat pada insiden kecil yang terjadi di kantor pos beberapa hari yang lalu itu. Ibu paro baya- si petugas pos- yang melayaniku saat itu emang sempat bingung dengan alamat yang kutulis di amplop. Katanya, ada ketidakcocokan antara kode pos dengan alamatnya. huft! Heran aja aku, masa sih beliau salah ngasih tau alamat. Hal yang ga mungkin aja kurasa. Tapi,  saat itu juga aku emang langsung menghubungi  beliau untuk memastikan kebenarannya, namun, sayang bangeet,  hapenya tumben-tumbenan ga aktif. Ya udah, ujung-ujungnya kuyakinkan saja diriku untuk tetap mengirimkannya. Tapi.....

Ya Tuhan.... Di mana suratku sekarang??