Senin, 27 Juni 2011

LEBAY

LEBAY. Jika dieja maka akan menjadi L-E-B-A-Y. Ya. Tepat sekali. Jika ada ujian mengeja, mungkin anda akan mendapat nilai sempurna. 100.

Lebay adalah salah satu kata yang tidak aku suka. Garis bawahi, AKU. Tapi mungkin juga bagi orang lain. setauku, kata ini bukanlah kata lama. tapi kata yang baru-baru ini muncul dan mencuat ke permukaan. kita juga tidak mengetahui secara pasti siapa yang mengucapkan kata itu pertama kali. jika tau, mungkin akulah orang pertama kali yang akan mengatai-
ngatainya.
Pertanyaanku, mengapa harus ada kata lebay? Kenapa tidak digunakan saja kata yg sudah biasa dipakai? Seperti kata 'berlebihan' mungkin. Ya. Aneh memang.ditambah lagi dengan gaya si pengucap kata yang bisa dibilang menyebalkan ketika mengucapkan kata itu. bibir mereka sengaja di pencong-pencongkan, dan intonasi suara yang membuat jijai ketika mendengarnya.

Coba kita perhatikan sekarang, sungguh banyak sekali orang indonesia menggunakan kata ini. Sehingga kata ini pun menjadi sangat populer. Bahkan sebuah aksi melalui pemaknaan kata ini mampu menjadi sumber rejeki bagi para public figur. Sebut saja olga saputra dkk.

Kembali kepada pengucapan kata lebay. Menurutku, orang-orang yang sering mengatakan lebay, merekalah yg patut dibilang lebay alias berlebihan. Karena itu menandakan bahwa mereka tidak pernah puas dan tidak mensyukuri yang telah ada. Apa salahnya menggunakan kata yg telah ada. Mau terlihat keren? Gaul?, buat apa coba?
Apakah anda tidak merasa kalau katakata itu ganjil dan buruk didengar..? Anda merasa asing tdk? Ya. Jelas saja. Telinga anda sudah lama beradaptasi terhadap kata itu. Jadi pantas saja tidak ada efek enek ketika anda mendengarnya.

Anda tau tidak, bahwa setiap kata baru yang muncul, dapat mengaburkan keberadaan kata baku yang sudah lama ada. Akibatnya, antara kata baku dan kata baru yg muncul itu bercampur di dalam otak. Shg org semakin sulit menentukan mana yg baku, dan mana yg tdk baku. Buruknya lg, ini bisa saja berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami bahasa indonesia. Inilah mgkn salah satu akibat dari byknya kemunculan bahasa yg mereka bilang 'bahasa gaul'. Seperti kata yang biasa ditulis dalam sms : balaz, af1, sek4r4ang, dan byk lg yg lainnya. Bahkan kita sendiri menggunakannya.

Tapi sudahlah. Jaman memang sudah semakin edan. Orang-orang lebih suka berbuat aneh, melakukan hal yang tak lazim dari biasanya. Hal yang dahulu dianggap jelek, sekarang malah sudah menjadi hal yang biasa. Maka terjadilah apa yang disebut dengan dekadensi moral. Penurunan nilai moral di abad moderen ini.

NB : Maaf, jika curhatku ini menyinggung anda. Aku hanya mencoba mengeluarkan isi hatiku. Karena sudah lama aku ingin protes thdp hal ini. Khususnya thdp apa yg kubeberkan di awal mengenai kata lebay.

Terima kasih juga kepada dosenku, Prof.Dr. H Masnal zajuli, yang telah memberiku titik terang melalui penjelasannya dalam kuliah fiqih lughah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar